Etika
profesi keguruan
Etika- Filsafat moral/
nilai
Prilaku etika :
1.
Pertanggung jawaban (konsep pembelajaran
yang harus di pertanggung jawabkan)
2.
Pengdabdian (pembentuk insan cindikia)
3.
Kesetiaan (Loyalitas)
4.
Kepekaan (Mampu menilai keadaan siswa)
5.
Persamaan (Memperlakukan siswa secara
merata)
6.
Kepantasan (Menilai siswa secara objektif)
Moral
·
Prinsip
benar salah
·
Semangat yang menjunjung tinggi tugas
·
Karakter
tentang baik buruk
Kesalahan yang selalu di
lakukan oleh guru
·
Mengambil jalan pintas pembelajaran
·
Menunggu bpesrta didik berprilaku negative
·
Menggunakan dekstruktif disiplin
·
Mengaabaikan perbedaan peserta didik
·
Mengabaikan perbedaan peserata didik
·
Merasa paling pandai
·
Tidak adil
·
Memaksa hak peserta didik
Prilaku guru yang kurang
mendidik
·
Memarahi siswa ketika siswa tidak bisa
menjawab
·
Merasa dirinya yang paling pandai
·
Menggunakan waktu tidak tepat
·
Cara mengajar mononton
·
Diskriminatif
·
Memberikan penghargaan yang berlebihan
·
Terlalu permisif dengan siswa
Peran
guru dalam pembelajaran
Guru harus memposisikan
dirinya sebagai :
1.
Orang tua yang penuh kasih
2.
Teman
3.
Fasilitator yang setiap saat memberikan
kemudahan
4.
Memberikan sumbangan pemikiran
5.
Memupuk rassa percaya diri dan bertanggung
jawab
6.
Membiasakan untuk saling berhubungan
7.
Mengembangkan proses sosialisasi
8.
Mengembangkan kreativitas
9.
Menjadi pembimbing ketika di perlukan
Permasalahan guru :
Distribusi
Mismatch
Kualifikasi
Sertifikasi
Kompetensi dan karir
CPD
Rekrutment
Tugas
guru
1.
Fungsi
professional “guru meneruskan ilmu/keterampilan/ pengalaman yang dimmiliki atau
di pelajarinya kepada anak didiknya”.
2.
Fungsi
kemanusiaan “berusaha mengembangkan/ membina segala potensi atau
bakat/pembawaan yang ada pada diri si anak serta membentuk wajah ilahi .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar