....

Selamat Datang di Blog.......!!!!! I Dunia Olahraga I Jadwal Kuliah I Materi Kuliah I Dokumentasi I Informasi Kampus

Kamis, 18 Desember 2014

Rekreasi II

LAPORAN
HASIL  KEGIATAN  PRAKTEK  MATA  KULIAH
REKREASI  II





OLEH :
JOHAN SA’BANA ABDUH
NPM 11081047




PROGRAM  STUDI  PENDIDIKAN  JASMANI,  KESEHATAN  DAN  REKREASI
FAKULTAS  KEGURUAN  DAN  ILMU  PENDIDIKAN
UNIVERSITAS  MUHAMMADIYAH  LUWUK
2014






HALAMAN  PENGESAHAN

Yang  bertanda tangan  di  bawah  ini,  Dosen  Penanggung  Jawab  Mata  Kuliah  Rekreasi  II. Menerangkan  bahwa  yang  tersebut  di  bawah  ini  :

Nama               :  JOHAN SA’BANA ABDUH
NPM               :  11081013
Prodi               :  Pendidikan  Jasmani,  Kesehatan  Dan  Rekreasi  
Fakultas           :  Keguruan dan Ilmu Pendidikan
                                                   Universitas Muhammadiyah Luwuk

Bahwa telah benar-benar mengikuti kegiatan rekreasi II yang di laksanakan di Makasar dari tanggal 12 mei s.d 18 mei 2014. Dan mengesahkan hasil laporan yang telah dibuat.

Luwuk,  4 Desember 2014
    Dosen  Penanggung  Jawab
      
        Mata  Kuliah  Rekreasi  II



Drs.  Lajibir, M.Pd
NIDN.0910116602














KATA  PENGANTAR

Puji syukur kehadirat ALLAH subhannah wata’alah atas limpahan rahmat dan karunia serta izin-Nyalah sehingga laporan ini dapat diselesaikan, sebagai syarat dari berakhirnya kegiatan praktek mata kuliah REKREASI II di Makassar Sulawesi selatan dari tanggal 12 mei 2014 s/d 18 mei 2014.

            Penulis menyadari bahwa didalam penyusunan laporan ini, penulis banyak mengalami kesulitan. Tetapi kesulitan- kesulitan tersebut dapat di selesaikan berkat bantuan serta arahan dan bimbingan yang diberikan oleh berbagai pihak sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan hasil kegiatan praktek mata kulia REKREASI II ini, dengan waktu tertentu, walapun masih ada kelebihan dan kekurangannya.

            Pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.     Farid Haluti, S.Ag,M.Pd, Selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Luwuk
2.   Abdul Hamid S.Pd,M.Pd selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Luwuk.
3.     Drs.Lajibir,M.pd, selaku Ketua Jurusan Program Studi Pendidikan Jasmani,Kesehatan dan Rekreasi sekaligus Dosen penanggung jawab mata kuliah Rekresi II.
4.  Wakil Dekan 1,Wakil dekan 2, dan Wakil dekan 3, Selaku Dosen Pembimbing Lapangan.
5.      Seluruh Teman-Teman mahasiswa penjaskesrek angkatan ke 3 semester enam  yang telah mengikuti REKREASI II di Makassar dan telah bersama-sama dalam suka maupun duka selama pelaksanaan kegiatan REKREASI II, serta sahabat-sahabat yang ada didalam maupun diluar kampus dan yang telah mendukung penulis selama pelaksanaan REKREASI II hingga selesainya penulisan laporan ini.

Atas segala jasa, bantuan dan kebaikan yang telah bapak dan ibu serta teman-teman berikan, semoga mendapat balasan yang berlipat ganda dari yang Maha Esa. Akhir kata semoga laporan ini dapat menjadi acuan dan contoh untuk kita semua, terutama bagi penulis dalam meningkatkan potensi dan perkembangan dibidang pendidikan.

Luwuk, 4 Desember 2014



                Penyusun,








DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL……………………………………………………………….           i
HALAMAN PENGESAHAN ..................................................................................          ii
KATA PENGANTAR ................................................................................................        iii
DAFTAR ISI ...............................................................................................................       iv

BAB  I PENDAHULUAN                                                                                       
1.1  Latar Belakang…………………………………………………………..           1
1.2  Tujuan Rekreasi…………………………………………………………           1
1.3  Manfaat Rekreasi………………………………………………………..           1
1.4  Sejarah Singkat Lokasi Rekreasi………………………………………..             2

BAB  II PEMBAHASAN                                                                                        

2.1 Kendala Yang dihadapi…………………………………………….……           13
2.2 Solusi Menghadapi kendala………………………………………….….            13

BAB  III PENUTUP                                                                                                

3.1 Kesimpulan……………………………………………………………….          14
3.2 Saran………………………………………………………………………        14


LAMPIRAN-LAMPIRAN




BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Rekreasi biasanya dilakukan saat seseorang memiliki waktu luang, ketika dia bebas dari pekerjaan atau tugas,setelah kebutuhanya sehari-hari telah terpenuhi.kamus Webster mendefinisikan rekreasi sebagai “sarana untuk menyegarkan kembali atau hiburan “ ( a means of refreshment or diversion ).rekreasi dapat dinikmati,menyenangkan,dan bisa pula tanpa membutuhkan biaya.rekreasi memulihkan kondisi dan pikiran,serta mengembalikan kesegaran.

Berdasarkan peninjauan secara terminology keilmuan.REKREASI berasal dari dua kata dasay yaitu RE dan KREASI, yang secara keseluruhan berarti kembali menggunakan daya piker untuk mencapai kesenangan  atau kepuasan melalui suatu kegiatan.kamus Webster mendefinisikan rekreasi sebagai “ sarana untuk menyegarkan kembali atau hiburan “ ( a means of refreshmeant or diversion).

1.2 Tujuan rekreasi
Adapun tujuan seseorang yang hendak dicapai dalam melakukann rekreasi yaitu :
1.      Ingin melepaskan lelah setelah bekerja.
2.      Bosan karena tak ada yang dapat dia lakukan.
3.      Melepaskan diri dari kesibukan sehari-hari yang melelahkan.
4.      Mengisi waktu saat liburan (refreshing )
1.3 Manfaat rekreasi
1.      Menambah kesenangan pribadi serta rasa kebersamaan antara anggota kelompok.
2.      Memperoleh kesenangan.
3.      Mempererat persaudaraan dan tumbuhnya saling mendukung diantara anggota kelompok.
4.      Mendapatkan pengalaman baru.
5.      Menggugah kesadaran manusia akan pentingnya membina hubungan timbal balik antara manusia dan diantara lingkungannya serta agar semakin mengenal sifat atau pun karakternya.
    1.4 Sejarah singkat lokasi rekreasi
a.                           Pantai losari
Pantai Losari adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah barat kota Makassar. Pantai ini menjadi tempat bagi warga Makassar untuk menghabiskan waktu pada pagi, sore dan malam hari menikmati pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah.
Dahulu, pantai ini dikenal dengan pusat makanan laut dan ikan bakar di malam hari (karena para penjual dan pedagang hanya beroperasi pada malam hari), serta disebut-sebut sebagai warung terpanjang di dunia (karena warung-warung tenda berjejer di sepanjang pantai yang panjangnya kurang lebih satu kilometer).
Salah satu penganan khas Makassar yang dijajak di warung-warung tenda itu adalah pisang epe (pisang mentah yang dibakar, kemudian dibuat pipih, dan dicampur dengan air gula merah. Paling enak dimakan saat masih hangat).
Saat ini warung-warung tenda yang menjajakan makanan laut tersebut telah dipindahkan pada sebuah tempat di depan rumah jabatan Walikota Makassar yang juga masih berada di sekitar Pantai Losari.Pada sore hari, semua orang bisa menikmati proses atau detik-detik tenggelamnya matahari sunset.

b.      Sejarah Bantimurung

           
Paparan tentang sejarah Bantimurung ini dimulai sejak masa Perjanjian Bungaya I dan II (1667-1669) saat Maros ditetapkan sebagai daerah yang dikuasai langsung oleh Belanda.Ketika itu,wilayah kerajaan Maros diformulasikan dalam bentuk Regentschaap yang dipimpin oleh penguasa bangsawan local bergelar Regent ( setingkat bupati).
Setelah itu,maros berubah menjadi Distrik adat Gemeschaap yang dipimpin oleh seorang kepala distrik yang dipilih oleh bangsawan local dengan gelar Karaeng Arung atau Gallarang.Kerajaan Simbang merupakan salah satu distrik adat Gemenschaap yang berada dalam wilayah kerajaan maros.distrik ini dipimpin oleh seorang bangsawan local bergelar karaeng.
Pada sekitar tahun 1923,Patahoeddin daeng Paroempa menjadi karaeng simbang.ia mulai mengukuhkah kehadiran kembali kerajaan Simbang dengan melakukan penataan dan pembangunan diwilayahnya.salah satu program yang dijalankannya ialah dengan melaksanakan pembuatan jalan melintas Kerajaan Simbang agar mobilitas dari dan kedaerah daerah sekitarnya menjadi lancer.
Pembuatan jalan ini,rencananya kan membela daerah hutan belantara.Namun,suatu waktu pekerjaan tersebut terhambat akibat terdengarnya bunyi menderu dalam hutan yang menjadi jalur pembuatan jalan tersebut. Saat itu,para pekerja tidak berani melanjutkan pekerjaan pembuatan jalan.Karena suara gemuruh tersebut begitu keras. Karaeng Simbang yang memimpin langsung proyek ini lalu memerintahkan seorang pegawai kerajaan untuk memeriksa ke dalam hutan belantara asal suara itu. Usai sang pegawai kerajaan melakukan pemeriksaan lokasi,karaeng simba lalu-bertanya ; “Aga ro Merrung ?” (Bahasa Bugis;suara apa itu bergemuruh?) “Benti,puang (air,tuanku), jawab sang pegawai tadi Benti adalah bahasa bugis halus atau tingkat tinggi untuk air.Sesampainya ditempat asal suara,Karaeng Simbang terpanah dan takjub menyaksikan luapan air begitu besar merambah batu cadas yang mengalir jatuh dari atas gunung.Beliau lalu berujar; “makessingi kapang narekko iyae onroangngnge diasengi Benti Merrung!”(mungkin ada baiknya jika tempat ini dinamakan air yang bergemuruh)
Berawal dari kata Bentimerrung inilah kemudian berubah bunyi menjadi Bantimurung.Penemuan air terjun tersebut membuat rencana pembuatan jalan tidak dilanjutkan.Malah,daerah disekitar air terjun dijadikan sebagai sebuah perkampungan baru dalam wilayah Kerajaan Simbang.Kampung ini dikepalai oleh seorang kepala Kampung bergelar Pinati Bantimurung.
Saat ini,Bantimurung menjadi salah satu Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Maros,Begitu pula Simbang.Sedangkan air terjun Bantimurung menjadi kawasan Wisata Alam.Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter dari permukaan tanah dengan lebar 15 meter.Menggemuruh sepanjang tahun sehingga menjadikannya tempat wisata yang sangat populer.
c.       Benteng rotterdam

             

              Benteng Fort Rotterdam

Menyusuri sepanjang Jalan Penghibur Kota Makassar, berbagai kemegahan arsitektur modern mulai dari hotel berbintang hingga rumah makan akan memanjakan mata di sisi kanan jalan yang dilalui.
Sekira kurang lebih 500 meter pada sisi kiri jalur itu pemandangan pantai tidak kalah ramainya.  Dikala sore menjelang matahari terbenam, banyak pengunjung yang datang ketempat tersebut hanya sekedar melihat proses terbenamnya matahari menyambut malam. Selain itu melewati jalur tersebut, sebelum  sampai ke ujung Jalan Penghibur jajanan seperti es kelapa muda banyak ditemui dengan berbagai macam pilihan rasa, mulai dari rasa gula merah, strawberry, dan jeruk.
Di depan penjual jajanan itu nampak bangunan tua peninggalan pemerintah Belanda dimasa lampau, dengan sebuah patung kuda didepannya yang ditunggangi oleh seorang Raja Gowa Sultan Hasanuddin. Bangunan itu kini lebih dikenal dengan nama Benteng Fort Rotterdam, yang dalam catatan sejarah, nama Fort Rotterdam digunakan setelah Benteng tersebut berhasil dirampas oleh pihak belanda dari tangan Raja Gowa, terletak di pinggir pantai sebelah barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Benteng ini merupakan peninggalan sejarah Kesultanan Gowa, yang berjaya sekitar abad ke-17 dengan ibu kota Makassar Nama asli benteng ini adalah Benteng Jumpandang (Ujung Pandang), orang Gowa-Makassar menyebut benteng ini dengan sebutan Benteng Panyyua yang merupakan markas pasukan katak Kerajaan Gowa Ada 17 buah benteng lainnya mengitari seluruh ibu kota, hanya saja, Benteng ini merupakan benteng paling megah dan keasliannya masih terpelihara hingga kini. Dibangun tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-X yang bernama Imanrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung atau Karaeng Tunipalangga Ulaweng. Awalnya benteng ini berbahan dasar tanah liat, namun pada masa pemerintahan Raja Gowa ke-14 Sultan Alauddin konstruksi benteng ini diganti menjadi batu padas yang bersumber dari Pegunungan Karst yang ada di daerah Maros. Menurut catatan sejarah yang ada, pada tanggal 9 Agustus 1634, Sultan Gowa ke-XIV (I Mangerangi Daeng Manrabbia, dengan gelar Sultan Alauddin, membuat dinding tembok dengan batu padas hitam yang didatangkan dari daerah Maros) Kemudian pada tanggal 23 Juni 1635, dibangun lagi dinding tembok kedua dekat pintu gerbang benteng Fort Rotterdam (Sultan Alauddin namanya kini diabadikan menjadi nama salah satu universitas islam negeri di Makassar)
            d.      Bugis Water Park


Hari sabtu yg lalu tepatnya Tgl 19 Mei 2012 penulis iseng2 jalan2 ke Perumahan Bukit Baruga…ehhh ternyata ada acara besar di sana karena bertepatan dengan perkenalan Bugis Water Park yg dibangun di perumahan Bukit Baruga ini (salah satu proyek waterboom yg ada dikota Makassar), dan dengar2 Bugis Water Park ini masuk sebagai Water Park level international karena memang memiliki 9 permainan air selain dari water boom itu sendiri…
1) Salah satu area permainan air di bugis water park Makassar (penulis hanya bisa mengambil gambar dari samping diluar tembok karena saat itu yg bisa masuk kebetulan hanya tamu undangan dan beberapa warga yg masuk dengan membayar…)
e.       Sejarah Pasar Butung Makassar
Pasar Butung dulunya dinamakan 'PasserBoetoeng' oleh belanda, terletak 7 km dari pusat kota saat itu yaitu 'koningsplein' (lapangan Karebosi sekarang), tepatnya di distrik wajo' kampung butung, dinamakan demikian, konon karena dulu penduduknya di dominasi orang asal buton yg merupakan imbas hasil kesepakatan perjanjian bungaya' tahun 1667, yang lama kelamaan di eja dalam kalimat "Butung" oleh masyarakat.
Sejak dahulu kampung buton atau butung menjadi kawasan segitiga emas perdagangan di Makassar karena terletak diantara kawasan pecinan (jl. bali & sekitarnya), perkantoran belanda (jl Krg. Riburane & sekitarnya) serta pintu I Pelabuhan laut (Pelabuhan Soekarno Hatta sekarang), asal tahu saja bibir pantai pelabuhan sekitar awal abad 19' masih berbatasan dengan pintu pasar lama sebelah barat atau temple straat' (sekarang jalan Sulawesi), berarti sekarang sudah terjadi terjadi pendangkalan yang signifikan dan hebatnya tahun 1922 Pasar Butung juga punya terminal stasiun kereta api, rutenya menghubungkan pelabuhan makassar, sungguminasa sampai ke kota Takalar ! Diresmikan oleh belanda tahun 1917 yang kemungkinan dirintis oleh calon walikota makassar yang pertama berkebangsaan belanda bernama J.E. Dambrink yang dikukuhkan menjabat dari tahun 1918-1927, beliau juga yang merintis peraturan zonasi 'Bouw en Woonverordening voor de Gemeente Makassar' serta membangun gedung sekolah, rumah ibadah dan masterpiece 'Societed de harmonie' (gedung kesenian DKM sekarang). Pada masa tersebut pasar butung merupakan pasar yang terbesar dan teramai dimakassar dan juga tertinggi penghasilannya dibandingkan pasar tradisional yang ada, tercatat jumlah pemasukan sebesar f3975,46 pada tahun1941.
pada hari rabu siang, bulan maret tahun 1943, salah satu bangunan pasar disebelah timur (sekarang jalan kalimantan) hancur terkena bom tentara sekutu yang menyerang angkatan laut jepang di pelabuhan makassar, banyak yang tewas saat itu mengingat para pekerja pelabuhan sementara melaksanakan aktifitas harian dan tdk menduga serangan bom tersebut, pasar butung kemudian dibangun kembali secara darurat serta menjadi tempat bergantian mangkal para gerilyawan dan gerombolan hingga thn 50 an, namanya juga pasar, kondisi keamanan pada awal kemerdekaan masih rawan karena pasar dijadikan sarang penjudi dan pemabuk, bayangkan saja hari pasar cuman dicatut sampai jam 12 siang selanjutnya jadi arena sabung ayam dan judi sampai pagi, dan konon para jagoan makassar belum dikatakan jagoan klau belum menguasai Pasar Butung.
F.Sejarah Mall Panakkukang
Mall panakkukang didirikan pada tahun 2003 dan selesai pada tahun 2006. Mall panakkukang berdiri di Central Business Distric (CBD) panakkukang. Sebuah kawasan konsentrasi bisnis dan perdagangan Makassar, mall ini sangat mudah di akses. Mall panakkukang merupakan mall terbesar di Makassar saat ini.beberapa supermarket ada disini,mall ini memiliki fasilitas hiburan dan bioskop panakkukang 21.jl Boulevard panakkukang, Makassar.
Menempati areal seluas kurang lebih 70.000 meter persegi.mall panakkukang merupakan mall paling luas di Makassar saat ini.sebagian digunakan sebagai lapangan parker,terdiri dari tiga lantai yang di sewa oleh berbagai ratusan tenant terkemuka.
Lantai pertama ditempati oleh beberapa tenant terkemuka seperti,Diamond supermarket(ritel),pusat jajan (food court), Kentucky fried chicken(makanan), dunkin donut (makanan), pizza hut,bread talk(kedai roti),j-co(makanan),matahari dept store(fashion),dan beberapa tenant fashion di basement terdapat supermarket hipermart.
Mall ini terasa semakin luas karena terintegrasi dengan panakkukang square melalui jembatan multi guna yang melintas di atas jl Adiyaksa baru, jembatan tersebut di tempati bebrapa tenant makanan seperti kopi phoenam,bakmi tebet,abe dan lain sebagainya.
G. Sejarah Tras Studio Makassar
Trans Studio Makassar adalah kawasan wisata terpadu di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia bahagian Timur. Trans Studio dibangun seluas 12,7 hektare yang  diresmikan pada 9 September 2009 . Fasilitas yang dibangun diantaranya pusat perbelanjaan yang meliputi Trans Walk dan Trans Rodeo Drive, kemudian Trans Studio, Trans Hotel, serta kantor Bank . Gedung Trans Studio dibangun seluas 22.000 m² dengan tinggi 20 meter yang merupakan taman hiburan indoor terbesar di Dunia. Trans Studio World Makassar adalah theme park indoor terbesar di dunia saat ini. Memiliki lebih daari 20 wahana permainan dan dilengkapi berbagai fasilitas antara lain mal, restoran, hotel, dan marina yang semuanya berada dalam satu komplek. Trans Studio World Makassar berada dalam area Trans Studio Resort yang berlokasi di Kawasan Bisnis Global dan Pariwisata Terpadu Tanjung Bunga, Makassar, Sulawesi Selatan atau berada di pinggiran pantai sebelah Barat kota Makassar ,berjarak sekitar 5 KM dari Lapangan Karebosi (bagian bawahnya ada pusat perbelanjaan) sebagai pusat Kota Makassar.
Theme Park Trans Studio World Makassar ibarat Universal Studio dan  Walt disney di California Amerika Serikat . Dilengkapi  ruang-ruang simulasi beberapa program stasiun televisi, Trans TV, atau peristiwa di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Tsunami Island, suasana mencekam dilanda tsunami dan gempa bumi. Magic Museum yang berisi benda-benda hidup , Dunia Lain, Arung Jeram, Magic Corner, Lost City, Terror Twister, dan Water Coaster , zona Studio Central, dan Cartoon City. dan masih banyak lagi.











BAB II
PEMBAHASAN
Ø  Kendala yang di hadapi
Kendala yang dihadapi antara lain :
1.      Kurangnya waktu istirahat sehingga kelelahan pada saat berada di tempat wisata
2.      Kurangnya waktu untuk menikmati makanan di tempat rekreasi

Ø  Solusi menghadapi kendala
1.      Menggunakan waktu sebaik – baik mungkin untuk istirahat.
2.      Persiapkan waktu untuk menikmati kuliner di tempat makasar.





BAB II
PENUTUP
Ø  Kesimpulan
Makasar adalah ibu kota sulawesi selatan.kota ini memiliki banyak tempat menarik ,pulau – pulau eksotis,pantai yang indah, kesenian yang atraktif,hiburan dan kuliner khas,makasar juga merupakan pintu gerbang wisata lainya di sulawesi,seperti tana toraja,bunaken,dan wakatobi.adapun tempat wisata yang menjadi daya tarik ter sendiri adalah pantai losari,bantimurung benteng rotterdam,trans studio,bugis water pard dan lain – lainya
Ø  Saran
Dengan selesainya hasil laporan kegiatan praktek mata kuliah rekreasi I kami menyadari bahwa laporan ini belum sempurna,maka dari itu,kami mengharapkan kritik dan saran dari teman-teman maupun dosen yang ikut serta dalam kegitan praktek mata kuliah rekreasi I untuk menyempurnakan  laporan ini yang bersifat membangun agar laporan yang selanjutnya akan lebih baik dan sempurna.

LAMPIRAN
Kesan
Rekreasi merupakan hal yang menyenagkan dan tak terlupakan.
Kesan-kesan yang penulis sampaikan yaitu kenang-kenangan selama dari perjalan Luwuk-makassar dan pergi ke tempat-tempat rekreasi, tempat santai,tempat bersejarah,mall dan juga tempat tinggal serta pulang dari Makassar-luwuk, entah suka maupun duka,canda tawa maupun sedih , itu adalah kenangan yang mungkin akan selalu teringat dan susah untuk di lupakan, karna hanya dilakukan sekali saja,namun maknanya sungguh luar biasa…
Melalui kegiatan praktek mata kuliah rekreasi II, kita tingkatkan kualitas MAHASISWA PENJASKESREK untuk bisa mendapatkan  pengetahuan dan pendidikan diluar lingkungan perkuliahan dan juga bisa mencintai dan melestarikan alam dan lingkungan sekitar kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar