....

Selamat Datang di Blog.......!!!!! I Dunia Olahraga I Jadwal Kuliah I Materi Kuliah I Dokumentasi I Informasi Kampus

Rabu, 03 Desember 2014

Laporan Rekreasi I FKIP Unismuh Luwuk



LAPORAN
HASIL KEGIATAN PRAKTEK MATA KULIAH REKREASI I
ANGKATAN III TAHUN 2013

 


Disusun Oleh :
KELAS A  / SEMESTER V







PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LUWUK
2013/2014













HALAMAN PENGESAHAN

Judul Laporan      :      Hasil Kegiatan Praktek Mata Kuliah Rekreasi I Program Studi Penjaskesrek Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Luwuk Provinsi Sulawesi Tengah
Disusun Oleh              :      Kelas “A” / Semester V
Program Studi             :      Penjaskesrek
Fakultas                      :      Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas                 :      Muhammadiyah Luwuk




Menyetujui
Wakil Dekan I
Bidang Akademik





(Armin Haluti, S.Pd)




Mengetahui
Dosen Mata Kuliah






(Drs. Lajibir, M.Pd)












KATA PENGANTAR

Puji kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang maha kasih atas rahmat karunianya sehingga kami dapat menyusun Laporan Kegiatan Rekreasi I, dalam hal kelanjutan materi mata kuliah rekreasi I ini, dijurusan penjaskesrek yang ada di Universitas Muhammadiyah Luwuk (UNISMUH), sebagai monitor untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang ada di Kabupaten Banggai.

Oleh karena itu, tidak lupa pula kami mengucapkan terimakasih yang setinggi-tngginya kepada Pimpinan Fakultas yang ada dikejuruan penjaskesrek beserta para jajaran-jajarannya, atas segala bantuannya dan kerja sama yang baik sehingga kami dapat menyusun Laporan Kegiatan mata kuliah ini.

Laporan ini adalah merupakan “Sejarah Sandakan” (Tempat Wisata) yang ada di Desa Biak yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuleryang ada pada mata kuliah rekreasi I, ini dapat diharapkan berguna bagi kami sebagai penulis siapapundalam suatu ranapengembangan olahraga. Sehingga dapat memasyarakatkan, baik pada usia dini maupun pada usia dewasa agar mampu tercipta suasana yang harmonis dalam pencapaian prestasi yang maksimaldalam olahraga yang dilaksanakan.













DAFTAR ISI


Halaman Judul  ....................................................................................................................      i
Halaman Pengesahan  ..........................................................................................................     ii
Kata Pengantar  ...................................................................................................................    iii
Daftar Isi .............................................................................................................................    iv
Bab I Pendahuluan ..............................................................................................................     1
A.    Latar Belakang ....................................................................................................................     1
B.     Sejarah Singkat Sandakan ...................................................................................................     1
C.     Jenis-Jenis Permainan Dan Manfaatnya  ..............................................................................     1
Bab II Pembahasan  ............................................................................................................     5
A.    Kendala Yang Dihadapi .......................................................................................................     5
B.     Solusi Menghadapi Kendala  ...............................................................................................     5
Bab III Penutup  ..................................................................................................................     6
A.    Kesimpulan  ........................................................................................................................     6
B.     Saran  .................................................................................................................................     6
Lampiran...
Lampiran I  : Nama Anggota
Lampiran II : Dokumentasi






BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG
Rekreasi biasanya dilakukan saat seseorang memiliki waktu luang, ketika dia bebas dari pekerjaan atau tugas, setelah kebutuhanya sehari-hari telah terpenuhi. Kamus Webster mendefinisikan rekreasi sebagai “sarana untuk menyegarkan kembali atau hiburan“ (a means of refreshment or diversion). Rekreasi dapat dinikmati, menyenangkan dan bisa pula tanpa membutuhkan biaya. Rekreasi memulihkan kondisi dan pikiran, serta mengembalikan kesegaran.
Berdasarkan peninjauan secara terminology keilmuan, REKREASI berasal dari dua kata dasar yaitu RE dan KREASI, yang secara keseluruhan berarti kembali menggunakan daya pikir untuk mencapai kesenangan  atau kepuasan melalui suatu kegiatan. Misalkan pada akhir pekan biasanya banyak orang-orang yang meluangkan waktu bersama keluarganya untuk melakukan rekreasi di tempat-tempat yang mempunyai fasilitas-fasilitas untuk digunakan sabagai tempat-tempat wisata rekreasi, seperti di Kota Luwuk ini terdapat tempat wisata Sandakan dan Kilo Lima.
B.       SEJARAH SINGKAT SANDAKAN
Pada awalnya nama “Sandakan” diambil dari bahasa saluan yaitu sumandak yang artinya naik ke atas, dan dimana di Sandakan ini mayoritas orang saluan. Jadi, setiap orang yang akan naik ke atas selalu mengatakan ke Sandakan apabila ada orang yang bertanya kemana akan bepergian. Sedangkan Desa Biak itu adalah nama kampung atau desa yang dimana di kampung ini terdapat Sandakan yang dimaksud.
Awalnya Sandakan ini belum menjadi tempat wisata yang punya permandian dan fasilitas lainnya, tetapi yang ada di Sandakan ini dulunya hanyalah pohon-pohon kelapa milik orang tua dari Bapak Drs. Hj. Basri Sono, MM. Namun, pada tahun 1980-an beliau meminta kepada Saudara-Saudaranya dan juga orang tuanya untuk mengelolah dan menjadikan Sandakan itu sebagai tempat wisata yang mempunyai fasilitas permandian dan juga tempat-tempat berjualan.
C.       JENIS-JENIS PERMAINAN DAN MANFAATNYA
1.         Jenis Permainan Honda Suzuki
Model permainanya membentuk lingkaran, bagi yang mendapat hitungan genap akan di namakan Honda sedangkan hitungan ganjil di namakan Suzuki. Dimana jika disebut salah satu dari kedua Honda atau Suzuki maka harus berlari satu putaran diluar lingkaran dan mencari posisi masing-masing.
Manfaat yang diperoleh dari permainan ini yaitu :
-            Bisa lebih konsentrasi
-            Kejujuran dan sportifitas
-            Kecepatan
-            Ketepatan
2.          Jenis Permainan Berpasangan Berhadapan Membelakangi
Model permainan ini masih sama dengan permainan Honda Suzuki berbentuk lingkaran. Tetapi didalam permainan ini yaitu membentuk pasangan yang saling berhadapan dan membelakangi.
Manfaat yang diperoleh dari permainan ini yaitu :
-            Konsentrasi
-            Kejujuran dan sportifitas
-            Kecepatan
-            Ketepatan kekuatan otot betis
3.         Jenis Permainan Gendong Bersambung
Dimana permainan ini dibentuk kelompok yang berbaris memanjang kebelakang, orang barisan didepan menggendong orang yang dibelakang setelah itu orang yang digendong menjemput orang yang dibelakangnya dengan cara digendong pula dan seterusnya.
Manfaat yang diperoleh dari permainan ini yaitu :
-            Kecepatan
-            Kekompakan
-            Konsentrasi
-            Kejujuran dan sportifitis
4.         Jenis Permainan Lari Lompat Menyerundup
Permainan ini dibentuk kelompok yang berbaris memanjang kebelakang, dimana posisi badan dengan kepala menghadap ketanah ( merungkuk ) dan disini diandalkan kekuatan kaki dan keseimbangan.
Manfaat yang diperoleh dari permainan ini yaitu :
-            Kecepatan
-            Ketepatan
-            Konsentrasi
-            Kekompakan
5.         Jenis Permainan Jembatan Balok
Yang dimana model permainan ini menyebrang menggunakan potongan balok kira-kira berukuran 15 cm sebanyak 3 potong.
Manfaat yang diperoleh dari permainan ini yaitu :
-            Konsentrasi
-            Keseimbangan
-            Kejujuran dan sportifitas
-            Kecepatan
6.         Jenis Permainan Hulahup
Jenis permainan ini berkelompok yang dibentuk barisan memanjang kebelakang, yang dimana tangan kanan kedepan dan tangan kiri masukan disela-sela paha kebelakang meraih tangan kanan teman yang dibelakang. Kemudian hulahup dijalankan dari orang depan dengan cara kita masuk kedalam lingkaran hulahup secara bersambung dan diulang lagi dari orang barisan belakang.
Manfaat yang diperoleh dari permainan ini yaitu :
-            Kekompakan
-            Kecepatan
-            Kejujuran dan sportifitas
7.         Jenis Permainan Bintang Berpindah
Model permainan ini kita masuk dalam lingkaran yang sudah disediakan yang dimana lingkaranya berjumlah 5 lingkaran dan masing-masing lingkaran di huni oleh satu orang dan satu orang lagi berusaha merebut lingkaran itu ketika posisi berpindah.
Manfaat yang diperoleh dari permainan ini yaitu :
-            Kecepatan
-            Ketepatan
-            Konsentrasi
8.         Jenis Permainan Puntung-Puntung
Jenis permainan ini menggunakan sarana batu yang dimana batu-batu tersebut disimpan dalam lingkaran batu yang digunakan sebanyak lima buah dan lingkaranya sebanyak 10 lingkaran yang berjejer memanjang kemudian kita pindahkan batu tersebut kelingkaran yang kosong dengan cara berurutan sambil berlari.
Manfaat yang diperoleh dari permainan ini yaitu :
-            Kekuatan otot kaki
-            Kecepatan
-            Ketepatan
-            Konsentrasi
-            Kejujuran
9.         Jenis Permainan Lari Tangkap
Model Permainan ini  berkelompok menjadi 4 kelompok berbaris memanjang kebelakang, yang dimana kelompok 1 berhadapan dengan kelompok 3 dan kelompok 2 berhadapan dengan kelompok 4 sehingga posisi keempat kelompok menghadap ketengah.
Manfaat yang diperoleh dari permainan ini yaitu :
-            Kecepatan
-            Kejujuran
-            Konsentrasi
-            Kelincahan
10.     Jenis Permainan Ular-Ularan
Jenis permainan ini berkelompok yang berbaris memanjang kebelakang dan tangan saling memegang pundak kelompok, orang barisan didepan sebagai kepala dan orang barisan belakang sebagai ekor tujuan permainan ini untuk menggapai ekor ular lawan.
Manfaat yang diperoleh dalam permainan ini yaitu :
-            Kekompakan
-            Kecepatan
-            Konsentrasi
-            Kelincahan







BAB II
PEMBAHASAN


A.      KENDALA YANG DIHADAPI
Kendala-kendala yang dihadapi antara lain :
1.         Kurangnya waktu istirahat sehingga kelelahan pada saat berada di tempat rekreasi.
2.         Terbatasnya tempat makan.
3.         Kurangnya keindahan tempat rekreasi.

B.       SOLUSI MENGHADAPI KENDALA
Solusi untuk menghadapi kendala diatas yaitu :
1.         Menggunakan waktu sebaik-baik mungkin untuk istirahat.
2.         Membawa bekal dari rumah jika tidak ingin kelaparan.
3.         Ditambahnya tempat permainan  dan jangan buang sampah sembarangan.
















BAB III
PENUTUP


A.      KESIMPULAN
Sandakan merupakan salah satu tempat rekreasi yang ada di Kota Luwuk, dimana Sandakan merupakan tempat rekreasi yang sangat mudah dijangkau karena jalan menuju Sandakan  tidak ada kendala. Di Sandakan juga menyediakan wahana-wahana permainan seperti layingsfeet (terjun bergelantungan dilabrang), mobil kross, daewing dan lain sebagainya.


B.       SARAN
Dengan selesainya hasil laporan kegiatan praktek mata kuliah rekreasi I kami menyadari bahwa laporan ini belum sempurna. Maka dari itu, kami mengharapkan kritik dan saran dari teman-teman maupun dosen yang ikut serta dalam kegiatan praktek mata kuliah rekreasi I untuk menyempurnakan  laporan ini yang bersifat membangun agar laporan yang selanjutnya akan lebih baik dan sempurna.






Lampiran





                                                                                                10





                                                                                                                11







 NAMA-NAMA PESERTA KEGIATAN  REKREASI 1
                                                                                                               
No
Nama
NPM
1
Syahrul.S.Dg Palabbi
11081001
2
Dian Wahyudi
11081011
3
Werderita Tagili
11081013
4
Sujito Haelong
11081015
5
Okber Ladamuhu
11081017
6
Awaludin
11081019
7
Ordin Bandobat
11081023
8
Elvira Sidalu
11081025
9
Ardi Bahsoan
11081029
10
Fachrul Rozy
11081035
11
Fausan Maliasa
11081039
12
Wirda Ahmad
11081042
13
Amar Lapono
11081045
14
Johan Sa’banah Abduh
11081047
15
Muhammad Iskandar Amir
11081041
16
Herdianto
11081049
17
Aditiya Saputra
-














































                                                                                   













Tidak ada komentar:

Posting Komentar